Sunday, May 11, 2014

MEMAKNAI PERINGATAN HARI KARTINI

Siswa  Raj Yamuna Antosias Menyambut Peringati Hari Kartini


 Denpasar-
Memperingati perjuangan seorang pahlawan perempuan yang bernama Raden Ajeng Kartini yang telah berjuang untuk seluruh perempuan Indonesia sehingga perjuangannya yang gigih diperingatioleh seluruh bangsa Indonesia dengan Hari Kartini yang jatuh pada hari Senin, 21 April 2014.  Untuk memperingati Hari Kartini seluaruh warga sekolah Perguruan Raj Yamuna memperingati dan menyambutnya dengan antosias dengan mengadakan berbagai kegiatan dan lomba di sekolah yang bertemakan perempuan-perempuan dan perjuangan perempuan.Kegiatan ini berlangsung pada Senin, 21 April 2014 yang diadakan di balai banjar Perguruan Raj Yamuna. Kegiatan ini dihadiri segenap civitas akademisi Perguruan  Raj Yamuna.
SMP Raj Yamuna memperingati Hari Kartini dengan mengadakan berbagai kegiatan yang diikuti oleh seluruh siswa dan guru SMP Raj Yamuna. Kegiatan perayaan ini sangat meriah dan diisi dengan berbagai hiburan dan lomba-lomba yang dipentaskan oleh siswa dan guru SMP Raj Yamuna guna mengembangkan potensi diri dan kemampuan yang dimiliki siswa. Selain itu kegiatan ini sebagai media untuk membangun kebersamaan dan keakraban antara siswa dan guru sehingga terjalin hubungan yang harmonis antar warga SMP Raj Yamuna.

Kegiatan peringatan dan perayaan Hari Kartini ini menjadi kegaiatan rutin yang dilakukan oleh Perguruan Raj Yamuna sebagai suatu peringatan perjuangan seorang perempuan. Perayaan Hari Kartini ini diawali dengan kegiatan lomba memasak nasi goreng dan telur mata sapi yang diikuti oleh guru-guru laki-laki dari SMP Raj Yamuna sebagai bentuk persamaan gander bahwa yang berkewajiban memasak bukan hanya wanita tetapi laki-laki juga perlu bisa memasak dan mau mlakukan pekerjaan perempuan, dilanjutkan dengan lomba memasak mie goring dan telur dadar yang diikuti oleh siswa laki-laki sebagai bentuk bahwa laki-laki juga perlu bisa memasak dan ternyata masakan para guru dan siswa laki-laki sangat memuaskan hasilnya, selanjutnya diadakan lomba sanggul modern yang diikuti oleh para siswi, lomba memakai dasi yang diikuti oleh pasangan dari siswa untuk memeriahkan hari kartini serta ditutup dengan lomba ibu-ibu hamil yang diperankan oleh siswa laki-laki dari perwakilan setiap kelas.Kegiatan lomba ini merupakan salah satu kegiatan pengembangan diri yang sangat diminati siswa untuk berlatih dan mempelajari bagaimana cara membangun suasana yang lucu tetapi mengandung ilmu pengetahuan yang disampaikan seperti dalam lomba-lomba ini. Siswa dituntut untuk bisa menumbuhkan kreativitas, rasa seni, estetika, dan rasa nasionalisme guna menciptakan generasi yang cerdas dan kreatif.

Kegiatan ini sebagai sebuah pengembangan diri yang sangat penting diterapkan sejak dini di sekolah untuk mengembangkan wawasan siswa dan mengasah skillyang dimiliki siswa. Dengan pengembangan diri paling tidak dapat menambah wawasan dan sebagai wadah pengembangan life skill siswa untuk menciptakan siswa yang berprestasi dalam bidang akademik dan mempunyai life skill. Tentu saja kegiatan ini pengembangan diri semacam ini sangat diperlukan agar nanti saat siswa keluar dari lingkungan sekolah bisa diaplikasikan dalam masyarakat, tegasnya. SMP Raj Yamuna juga berharap dapat melahirkan siswa yang cerdas, bermoral, berprestasi dan mempunyai life skill. SMP Raj Yamuna juga berharap dapat melahirkan siswa yang disiplin, cerdas, bermoral, berprestasi dan berkarakter.








0 comments :

Post a Comment

Postingan Terbaru