Monday, April 28, 2014

Odalan Perguruan Raj yamuna



“Menjaga Keharmonisan Dunia dengan Homa Traya” 


 Denpasar-
Odalan Perguruan Raj Yamuna dilakasanakan dengan sederhana namun tetap memberikan pengembangan spiritual bagi siswa/siswi perguran raj yamuna. Odalan di Raj Yamuna bertepatan  dengan purnama kedasa, senin 14 April 2014. Piodalan ini melibatkan semua civitas akademis Perguruan Raj Yamuna Baik dari Unit TK-SD-SMP.
Pelakasanaan odalan di awali dengan melakukan homa Traya yang dipimpin langsung oleh Ida Pinandita Shre Bhagawan Penyarika Jnah Dwija Loka yang di ikuti oleh seluruh guru di lingkungan Perguruan dan siswa pula dilibatkan dalam acara spiritul tersebut. Mereka duduk membentuk lingkaan dengan tempat homa traya dan hotri (pemimpin Homa) berada di tengah-tengah kemudian baru diikuti oleh seluruh siswa. Pelaksanaan homa traya pertama kali dilakasanankan di Perguruan Raj Yamuna dan kegiatan seperti ini akan terus di laksanakan setiap purnama di perguruan. Menuruti kepala SMP Drs I Made Jasa  mengungkapkan “Homa Traya akan terus dilakukan di sekolah tepatnya pada Purnama, sebab dengan homa teraya seperti ini siswa/siswi kami akan mengetahui dan memiliki kecerdasan dalam spiritual tidak hanya itu pibrasi dari homa traya ini akan memberikan kekuatan spiritual dan kedamian bagi lingkungan Perguruan sebab homa traya ini sudah dikenal dari dulu dalam menciptakan kesejahteraan umat Hindu pada jamannya, sehingga dalam perguruan medapatkan vibrasi yang sama untuk menekankan kosep tri hita karana. Dengan keharmonisan proses berlajar-mengajar akan menjadi lebih efektif dan hasil yang akan dikluarkan juga akan menjadi lebih baik” ungkapnya.
Selesai pelakasanaan homa traya baru puncak dari piodalan dilakasanakan dengan melakukan persembahyangan. Sebelum persembahyangan siswa/siswi di hibur dengan berbagai hiburan tari-tarian seperti tari rejang, topeng, baris gede, dll. Kesemuanya penari tersebut berasal dari siswa/siswi dari Perguruan Raj Yamuna yang mengikuti ekstra pengembangan tari.
Piodalan dan hari purnama dipuput oleh Ida Pandita Shre Bhagawan Penyarikan Jnah Dwija Loka dari gerya sidakarya. Sebelum hari puncak odalan sehari sebelumnya dilakasanakan kegiatan muatan lokal. Dengan membuat sarana persembahangan yang akan dilakasanakan pada odalan.



0 comments :

Post a Comment

Postingan Terbaru