Thursday, December 12, 2013

MEMBUDAYAKAN HIDUP BERSIH, SEHAT SERTA PENGELOLAAN SAMPAH



Penanaman sejak dini kepada anak didik tentang hidup bersih sudah sejak lama telah di tananamkan oleh seluruh guru dan karyawan di Perguruan Raj Yamuna, namun tindakan nyata terhadap pengelolaan sampah baik yang organik dan yang unorganik masih perlu diupayakan lebih lanjut. Berkanaan dengan itu Jumat, 12 Desember 2013 SD Raj Yamuna mengundang Nara Sumber dari  PPLH untuk bisa memberikan pengalaman dan teknik penanganan dan pengelolaan sampah yang baik dan benar.

Sampah merupakan sisa kegiatan sehari-hari manusia dan atau proses alam dalam bentuk padat. Pengelolaan sampah adalah kegiatan sistematis, menyeluruh dan berkesinambungan yang meliputi pengurangan dan penanganan sampah.

Pemilahan sampah merupakan kegiatan pengelompokan samaph menjadi paling sedikit 5 jenis sampah, yaitu :
  1. Sampah yang mudah terurai
  2. Sampah yang dapat digunakan kembali
  3. Sampay yang dapat didaur ulang
  4. Sampah B3 dan
  5. Sampah lainnya.
Sampah yang terkumpul selanjutnya bisa di manfaatkan menjadi Kompos, bahan Biopori atau bisa di kirim ke Bank Sampah yang selanjutnya akan di pilah-pilah yang nantinya bisa dipakai Kerajinan Daur Ulang. Di Denpasar sudah ada Bank Sampah yang mempunyai tujuan :
  1. Membantu dalam mengurangi sampah.
  2. Membangun kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam mengelola sampah yang bernilai ekonomis, dan 
  3. Membantu mengatasi permasalahan lingkungan yang diakibatkan oleh sampah.
Disamping memberikan tentang jenis-jenis sampah yang ada nara sumber juga memberikan latihan / praktek membuat kerajinan daur ulang kepada siswa-siswi Raj Yamuna. Kerajinan daur ulang merupakan kegiatan yang memanfaatkan barang bekas / limbah sehingga bisa bermanfaat dan mempunyai nilai ekonomis, seperti tas, dompet, jas hujan, sandal dll. Pada pelatihan singkat ini anak-anak Raj Yamuna sangat antusias sekali mengikuti kegiatan.

0 comments :

Post a Comment

Postingan Terbaru