Sunday, November 3, 2013

Pramusidiri SMP Raj Yamuna Serangkaian Peringatan Hari Sumpah Pemuda dan Bulan Bahasa





Selain melakukan kegiatan lomba untuk memperingati hari sumpah pemuda dan bulan bahasa SMP Raj Yamuna juga melaksanakan kegiatan kemah. Kemah kali ini diadakan pada senin, 28 Oktober 2013 di daerah Gianyar tempatnya di Gunung Kawi yang dilakasanakan selama dua hari dengan jumlah peserta 52 orang yang terbagi dalam empat regu.
Kegiatan Kemah ini menggambarkan kekompakan dan solidaritas tim work yang solit dalam kelompok untuk menciptakan kesatuan dalam Pramuka. Kegiatan pramuka bertujuan untuk melatih kecakapan, kemandirian, kedisiplinan, atau pramusidiri (Pramuka Siswa Mandiri) dan solidaritas dalam tim work seperti; berlatih membuat menara, berlatih LKBB, latihan P3K, penguatan karakter siswa dengan kegiatan yang positif dalam kreativitas siswa, berlatih yoga, senam pramuka untuk membangun jasmani yang sehat dan semakin menunjukan kedisiplinan diri guna membangun potensi diri dengan selalu melakukan hal positif membentuk siswa yang berkarakter dan mandiri. Pembina pramuka hanya bertugas membimbing dan mengawasi kegiatan siswa selebihnya siswa yang merencanakan serta melaksanakan kegiatan.
Kegiatan Kemah ini akan melatih siswa belajar hidup mandiri, bersolidaritas dalam tim work  dan bisa berorganisasi. Drs. I Made Jasa menyatakan “Kegiatan kemah dan peramuka ini sebagai awal untuk melatih kemandirian, kedisiplinan, berorganisasi, bersolidaritas dalam tim work  yang sering di singkat pramusidiri (Pramuka Siswa Mandiri). dan yang paling khusus bisa menjaga keselamatan diri dengan tujuan bisa diterapka dalam kehidupan siswa sehari-hari di rumah maupun lingkungan masyarakat” ujarnya.


Menurut Yogiantara siswa SMP Raj Yamuna mengatakan “merasa senang dengan diadakannya kegiatan ini, dengan demikian dapat membentuk siswa mandiri, dan disiplin. Kegiatan-kegiatan baru yang lebih menantang supaya ditingkatkan seperti mencari jejak, dan  jerit malam. Sehingga kegiatan pramuka di sekolah Raj Yamuna lebih diminati lagi khususnya oleh siswa-siswi Raj Yamuna”.
Kegitan pramuka seperti kemah ini diharapkan dapat melahirkan siswa yang mempunyai mental kuat tentunya disalurkan dalam kegiatan positif seperti mengemukakan pendapat, berani mengacungkan tangan dalam proses belajar mengajar, menumbuhkan kemandirian, kedisiplinan, solidaritas, dan membangun karakter siswa yang dituangkan dalam kegitan positif sesuai minat dan potensinya.

0 comments :

Post a Comment

Postingan Terbaru